4 Cara Mengatasi Telinga Berair dan Bau di Rumah

Diposting pada

Anda bisa berkonsultasi melalui web pafikabbutontengah.org saat mengalami telinga bau dan berair di rumah. Ditambah lagi, jika jarak rumah dengan rumah sakit atau fasilitas medis lainnya sangat jauh. Pastinya, Anda akan merasa khawatir dan bingung.

Oleh karena itu, Anda bisa memperoleh solusi masalah Kesehatan melalui pafikabbutontengah.org. Tentunya, Anda pernah mengalami masalah Kesehatan pada organ tubuh telinga. Masalah Kesehatan yang umum menjangkiti organ tubuh telinga adalah berair dan berbau.

Telinga berair dan berbau sering kali disebabkan oleh penyumbatan kotoran telinga. Selain itu, infeksi telinga tengah, atau otitis media, juga biasanya menyebabkan keluarnya cairan berbau tidak sedap dari dalam telinga.

Gejala yang menyertai kedua kondisi ini tidak hanya telinga yang berair dan berbau, tetapi juga sakit telinga dan kesulitan mendengar. Jika infeksi telinga belum terlalu parah, ada berbagai cara alami yang bisa dicoba di rumah untuk menghilangkan infeksi telinga.

Dimana, infeksi telinga ini bisa menyebabkan telinga berair dan bau. Beberapa metode alami ini bisa membantu meredakan gejala dan mempercepat penyembuhan.

Namun, sangat penting untuk diingat bahwa mengobati sakit telinga di rumah yang terkena infeksi tidak disarankan bagi anak-anak di bawah usia 2 tahun. Melakukan pengobatan alami pada anak-anak kecil dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi yang lebih serius.

Oleh karena itu, jika anak kecil mengalami gejala infeksi telinga sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan aman.

4 Metode Alami Mengobati Telinga Berair Dan Bau di Rumah

Metode Alami Mengobati Telinga Berair Dan Bau di Rumah
Metode Alami Mengobati Telinga Berair Dan Bau di Rumah

Telinga berair dan berbau yang menunjukkan tanda-tanda infeksi biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar tiga hari. Namun, untuk mempercepat proses penyembuhan  Anda dapat mencoba berbagai metode alami di rumah untuk mengobati telinga berair dan berbau.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati telinga berair dan bau di rumah, antara lain :

1. Membersihkan Telinga Dengan Waslap

Salah satu cara mengatasi telinga berair secara alami yang aman dan efektif adalah dengan menjaga kebersihan telinga. Saat mandi, bersihkan telinga dengan hati-hati menggunakan waslap berbahan lembut.

Hindari penggunaan cotton bud karena dapat mendorong kotoran lebih dalam dan meningkatkan risiko terjadinya luka pada gendang telinga.

2. Mengompres Dengan Air Dingin

Selain kompres hangat untuk telinga ternyata mengompres menggunakan es batu bisa membantu meredakan rasa nyeri dan peradangan pada telinga. Untuk membuat kompres dingin di rumah, letakkan es batu dalam kantung dan bungkus dengan handuk.

Pastikan handuk tersebut telah dibasahi air. Tempelkan kompres dingin ini pada telinga yang mengalami nyeri selama 10–15 menit sebagai metode alami untuk mengobati telinga berair dan berbau.

3. Tidur Dalam Posisi Yang Tepat

Posisi tidur yang tidak tepat dapat memperburuk rasa sakit telinga dan memperlambat penyembuhan infeksi. Gunakan dua atau lebih bantal di bawah kepala agar telinga berada pada posisi lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.

4. Menggunakan Olesan Bawang Putih

Anda bisa mengobati telinga berair dan berbau secara alami dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih mentah yang ditumbuk dan dioleskan di sekitar telinga dapat membantu melawan infeksi karena memiliki khasiat antimikroba.

Olesan bawang putih ini bisa diibaratkan seperti obat tetes telinga alami. Namun, pastikan  bawang putih tidak masuk ke dalam telinga untuk menghindari risiko komplikasi.

Demikian, sederet cara mengobati sakit telinga di rumah. Jika cara – cara alami diatas tidak membuahkan hasil maka, segera berkonsultasi dengan tenaga medis terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *