Vitamin A-Z: Jenis dan Manfaatnya bagi Tubuh

Diposting pada

Vitamin mempunyai peranan penting bagi kesehatan tubuh dan vitamin dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan. Jenis vitamin dan manfaatnya bagi tubuh bisa simak di pafiponorogokab.org.

pafiponorogokab.org adalah salah satu Persatuan Ahli farmasi Indonesia cabang kabupaten Ponorogo. Untuk mengetahui fungsi vitamin dan beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan bagi tubuh, simak pembahasan berikut!

Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh dan Manfaatnya

Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh dan Manfaatnya
Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh dan Manfaatnya

Sebenarnya apa fungsi dari vitamin bagi tubuh? Vitamin terdiri dari beberapa jenis dan per jenis vitamin mempunyai manfaat masing-masing yang saling melengkapi untuk menyehatkan tubuh.

Setidaknya ada 13 vitamin yang asupannya harus dipenuhi. Vitamin ini bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan tertentu dan berikut manfaatnya:

1. Vitamin A

Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit, serta meningkatkan sistem imun tubuh melawan infeksi. Sumber vitamin A, antara lain wortel, tomat, ubi jalar, dan sayuran daun hijau tua.

2. Vitamin B Kompleks

Jenis vitamin B kompleks mempunyai manfaat yang beragam, seperti meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin B kompleks ada beberapa jenis, yaitu:

  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Vitamin B6
  • Vitamin B7
  • Vitamin B9
  • Vitamin B12

Beberapa makanan yang mengandung vitamin B, antara lain sayuran hijau, daging ayam, telur, yogurt, hingga susu.

3. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk memproduksi kolagen. Kolagen berguna mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kulit tubuh kenyal. Vitamin C bisa diperoleh dari paprika, jeruk, limau, stroberi, bayam, dan pepaya.

4. Vitamin D

Vitamin D bermanfaat membantu penyerapan kalsium untuk pertumbuhan tulang. Sumber vitamin D bagi tubuh, antara lain tuna, sarden, ikan kembung, ikan salmon, susu, hingga sereal.

5. Vitamin E

Vitamin E bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan memperkuat sistem imun tubuh. Sumber vitamin E bagi tubuh, antara lain kacang tanah, alpukat, kacang almond, minyak zaitun.

6. Vitamin K

Vitamin K berfungsi dalam proses pembekuan darah dan mempercepat penyembuhan luka. Sumber vitamin K, antara lain susu, daging, bayam, brokoli, sereal gandum, dan minyak sayur.

7. Zink

Zink membantu mengoptimalkan imunitas tubuh, menyembuhkan luka, menurunkan gejala diare, dan menurunkan demam. Bagi wanita dewasa memerlukan zink 8 mg per hari dan bagi pria memerlukan zinc 11 mg per hari.

Untuk mendapatkan asupan zinc dalam tubuh, bisa mengonsumsi makanan, seperti biji-bijian, daging merah gandung, makanan laut, serta kacang-kacangan.

Itulah penjelasan tentang jenis-jenis vitamin yang penting bagi tubuh, yaitu vitamin A, B kompleks, C, D, E, K, dan Zinc. Anda bisa mendapatkan vitamin tersebut dengan mengonsumsi aneka makanan yang menyehatkan.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih detail tentang manfaat vitamin dan sumber vitamin bagi tubuh, Anda bisa simak di pafiponorogokab.org. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *