Tips Mudah Menghilangkan Komedo Hitam di Rumah

Diposting pada

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan cepat adalah salah satu hal yang sering dicari oleh masyarakat di internet. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Tidak dapat dipungkiri, komedo yang membandel memang membuat risih siapa saja. Bagaimana tidak? Komedo nampak jelas di hidung, jika pun ingin ditutupi perlu menggunakan masker. Pasti sangat merepotkan bukan?

Pastikan segala obat yang disiapkan oleh para ahli di pafikotamamuju.org adalah langkah terakhir. Sebelum mengusir komedo dengan bahan-bahan kimia, simak dulu tips mudahnya berikut ini.

Pengertian dan Penyebab Komedo

Banyak orang yang akrab dengan komedo di hidung. Jika sekumpulan komedo sudah muncul, rasanya ingin cepat-cepat mengusirnya. Keberadaannya dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Lantas apa penyebab komedo? Titik-titik hitam ini muncul akibat penumpukan debu dan kotoran di permukaan kulit. Adapun warna hitam ditimbulkan oleh proses oksidasi. Selain itu, berikut ini adalah beberapa penyebab lainnya:

  • Meningkatnya produksi sebum (minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous)
  • Keratin yang terbentuk secara tidak normal (keratin adalah protein pendukung pembuatan rambut, kulit, dan kuku)
  • Meningkatnya hormon androgen

Komedo tidak sakit dan bernanah seperti jerawat, tetapi membuat tidak nyaman. Apalagi jika cara penanganannya salah dan memicu munculnya jerawat. Agar tidak keliru, simak informasi selanjutnya, ya!

Tips Mudah Menghilangkan Komedo Hitam

Tips Mudah Menghilangkan Komedo Hitam di Rumah
Tips Mudah Menghilangkan Komedo Hitam di Rumah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pastikan bahan-bahan kimia yang disiapkan oleh para ahli di pafikotamamuju.org adalah langkah terakhir. Alangkah baiknya jika melakukan berbagai alternatif alami berikut ini:

1. Masker Tanah Liat

Masker tanah liat (clay mask) cocok digunakan untuk pemilik kulit berminyak. Masker ini mampu menyerap minyak berlebih sekaligus partikel yang menyumbat pori-pori.

Masker ini efektif untuk mengusir komedo karena mengandung mineral tanah liat seperti palygorskite, kalonit, bedak, dan smektit.

2. Soda Kue

Anda dapat menggunakan soda kue yang notabene merupakan bahan dapur dan mudah ditemukan. Cukup campurkan soda kue dengan air secukupnya hingga menjadi seperti pasta.

Oleskan campuran tersebut pada area yang berkomedo dan pijatlah secara perlahan selama beberapa menit. Olesan ini berfungsi sebagai eksfoliator alami dan lakukanlah 2 kali dalam seminggu.

3. Lemon, Garam, dan Madu

Eits….. ketiga bahan ini tidak digunakan dengan cara diminum, ya! Lemon, garam, dan madu adalah salah satu cara alami menghilangkan komedo yang dapat Anda coba.

Ketiga bahan tersebut dapat dicampur untuk dioleskan pada area berkomedo. Berikut ini adalah fungsi dari setiap bahannya:

  • Lemon: menghilangkan minyak berlebih
  • Madu: meningkatkan kelembaban kulit
  • Garam: scrub (mengelupas kulit mati) bersifat non abrasif, tidak melukai kulit4. Oatmeal dan Yoghurt

Dua bahan yang identik dengan menu sarapan ini ternyata dapat digunakan sebagai penghilang komedo, loh! Campurkan kedua bahan ini dan gunakan sebagai scrub wajah.

Cukup pijat lembut area wajah lalu bilas dengan air bersih. Selain menghilangkan komedo juga dapat menghilangkan minyak berlebih.

4. Tomat

Selain sehat untuk dikonsumsi, tomat juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Sifatnya yang antibakteri cocok sebagai eksfoliator. Cukup haluskan dan oleskan pada area berkomedo. Diamkan semalaman lalu esoknya bilas dengan air bersih.

Penghilang komedo hitam tidak harus berupa bahan-bahan kimia. Berbagai cara alami sudah diulas dalam artikel ini dan dapat Anda coba di rumah. Di samping itu, hindari juga berbagai penyebab munculnya komedo, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *