Istilah Kesehatan: Arti dan Pentingnya dalam Hidup Sehari-hari

Diposting pada

Apakah Anda pernah merasa bingung mendengar istilah kesehatan saat berdiskusi dengan dokter atau tenaga medis? Istilah medis atau kesehatan banyak ditemui saat berada di fasilitas kesehatan juga saat Anda membaca artikel atau informasi kesehatan.

Dunia medis memiliki istilah tersendiri yang tidak banyak diketahui masyarakat awam. Sebagian orang bahkan harus mencari tahu terlebih dahulu arti dari istilah kesehatan yang didengar. Istilah di dunia kesehatan perlu Anda ketahui terutama istilah dasar.

Ketahui 8 Istilah Penting di Dunia Medis

Istilah Kesehatan: Arti dan Pentingnya dalam Hidup Sehari-hari
Istilah Kesehatan: Arti dan Pentingnya dalam Hidup Sehari-hari

Istilah kedokteran dan artinya perlu diketahui agar tidak kebingungan. Hal ini akan bermanfaat misalnya bagi orang tua yang ingin mengetahui kondisi kesehatan anaknya. Beberapa istilah mungkin akan sering Anda dengar. Berikut ini 8 istilah kesehatan dan artinya!.

Diagnosis

Istilah ini umum digunakan dokter saat melakukan pemeriksaan kesehatan pasien. Diagnosis adalah penentuan jenis penyakit atau identifikasi melalui gejala yang terjadi. Umumnya istilah ini sering didengar pasien, contohnya “Anda di diagnosis penyakit infeksi saluran pernafasan”.

Prognosis

Prognosis kerap dilakukan setelah diagnosis diperoleh. Arti dari istilah ini adalah ramalan atau perkiraan peristiwa yang terjadi terkait dengan penyakit atau penyembuhan setelah tindakan pengobatan. Prediksi ini menunjukkan bagaimana kondisi pasien di masa mendatang.

Kronis

Gambaran suatu kondisi yang berlangsung dalam waktu lama atau periode berulang, perlahan dan semakin serius. Istilah ini identik dengan suatu penyakit.

Akut

Istilah ini sering tertukar dengan kronis. Akut sendiri merupakan istilah yang menggambarkan suatu kondisi atau penyakit yang terjadi secara tiba-tiba. Biasanya membutuhkan penanganan yang cepat, terjadi dalam waktu singkat dan menunjukkan gangguan serius.

Skrining

Dalam kamus bahasa medis, skrining merupakan bentuk deteksi dini yang dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki penyakit atau tidak. Tujuan dilakukan skrining agar pasien segera mendapatkan penanganan tepat bagi yang mengidap penyakit tertentu.

Allergen

Alergen merupakan istilah untuk antigen (zat yang merangsang respon imun) untuk memproduksi reaksi alergi. Masalah kesehatan yang disebabkan alergen disebut dengan alergi. Beberapa alergen yang mengganggu kesehatan seperti debu, zat kimia tertentu, makanan tertentu dan bulu hewan.

Gula Darah

Gula darah dalam kamus diagnosa dokter menunjukkan keberadaan gula atau zat glukosa dalam darah. Kadar gula yang tinggi dapat memberikan dampak negatif pada tubuh, begitu pun jika terlalu rendah. Biasanya gula darah berkaitan dengan diabetes.

Faktor Risiko

Istilah medis yang satu ini berhubungan dengan berbagai hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terserang suatu penyakit. Hal ini juga termasuk tanda, karakter dan gejala yang tampak atau tidak dengan peningkatan insiden penyakit.

Setelah memahami istilah dalam kesehatan di atas, jangan lupa untuk memeriksa kondisi kesehatan secara rutin. Istilah di atas merupakan sebagian dari banyaknya istilah dalam dunia medis yang sering digunakan.

Anda dapat menambah wawasan dan informasi mengenai kesehatan dengan mengunjungi website bertema kesehatan atau farmasi seperti pafikotawonosobo.org.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *