Faktor Penyebab Gula Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Jika Anda mengalami gula darah tinggi dan sedang mencari obatnya, cobalah berkonsultasi dengan pafikotasampit.org terlebih dahulu. Sebab, ini adalah pihak profesional yang akan membantu Anda menemukan obat yang tepat.

Gula darah tinggi atau hiperglikemia ini merupakan kondisi di mana ada begitu banyak gula dalam darah. Biasanya, ini terjadi saat tubuh tidak bisa menggunakan insulin dengan benar atau saat kadar insulin terlalu sedikit.

Kondisi gula darah yang tinggi menunjukkan bahwa orang tersebut mengidap diabetes. Dan diantara tanda awal diabetes yang perlu diwaspadai adalah mudah haus, mudah lapar, mudah lelah dan sering buang air kecil.

3 Penyebab Gula Darah Tinggi

Faktor Penyebab Gula Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya
Faktor Penyebab Gula Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya

1. Adanya Masalah Pada Pankreas

Salah satu hal yang menyebabkan gula darah menjadi tinggi ialah adanya masalah pada pankreas. Sebab, kerusakan yang dialami organ satu ini membuat produksi insulin menjadi berkurang.

Sementara itu, masalah pankreas yang bisa mengakibatkan gula darah tinggi sekaligus diabetes adalah fibrosis kistik, kanker pankreas, pankreatitis kronis dan penyakit autoimun.

 2. Resistensi Insulin

Insulin resistance atau resistensi insulin bisa dikatakan sebagai penyebab paling umum gula darah tinggi. Resistensi insulin terjadi pada saat sel-sel hati, lemak dan otot tidak bisa memberikan respon yang baik pada insulin.

Jika sel-sel tersebut tidak mampu memberikan respon yang baik insulin, maka tubuh akan memerlukan insulin dalam jumlah lebih banyak untuk mengatur gula darah.

Sedangkan apabila tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, akan mengakibatkan hiperglikemia. Sementara itu, resistensi insulin ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

  • Kondisi hormonal tertentu yang bisa memicu resistensi insulin
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Tidak aktif secara fisik
  • Kegemukan

 3.  Penyebab Sementara

Gula darah juga bisa meningkat untuk sementara waktu akibat kondisi tertentu. Diantaranya ialah cedera, pembedahan, penyakit serta stres fisik yang lainnya.

Selain stres fisik, stres emosional juga bisa membuat gula darah melonjak. Misalnya stres akibat pekerjaan.

Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi

Gula darah yang tinggi tentu tidak baik bagi tubuh dan jika dibiarkan bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Adapun cara mengatasi gula darah tinggi ini sebagai berikut.

1. Hindari Stres

Karena stres bisa menyebabkan gula darah tinggi, maka menghindarinya bisa menjadi salah satu cara mengatasinya. Terkait dengan pengelolaan stres ini, Anda bisa melakukannya dengan yoga, meditasi maupun konsultasi dengan terapis.

2. Lakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur akan membuat tubuh mampu menggunakan glukosa dengan lebih baik sekaligus bisa menurunkan kadar gula darah. Anda bisa melakukan olahraga menurunkan gula darah seperti angkat beban dan berenang.

Atau kalau mau yang ringan-ringan, bisa dengan berjalan kaki dan bersepeda. Intinya, lakukan aktivitas fisik ini secara teratur.

3. Kelola Pola Makan

Untuk mengendalikan gula darah, maka Anda harus mengelola pola makan. Pola makan yang baik ialah pola makan yang sehat dan seimbang. Usahakan untuk menghindari makanan yang tinggi gula.

Misalnya makanan olahan, minuman bersoda dan makanan manis. Ketika makan pun, kontrol porsinya supaya tidak sampai berlebihan.

Terkait dengan pola makan ini pula, disarankan agar Anda mengatur jadwal makan supaya lebih teratur. Lalu satu poin lagi yang tidak kalah penting ialah selalu masukkan makanan kaya serat dalam menu harian.

4. Ikuti Pengobatan dari Dokter

Khususnya jika Anda sudah didiagnosa mengidap diabetes, kemungkinan besar dokter akan memberikan obat untuk mengontrol kadar gula darah. Silahkan ikuti pengobatan tersebut.

Jangan lupa, selalu perhatikan petunjuk penggunaannya untuk menghindari efek samping obat diabetes.

Gula darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang sangat serius. Oleh sebab itu, kendalikan kadar gula darah ini supaya selalu berada dalam batas normal.

Lalu, kalau Anda penasaran dengan obat apa yang ampuh untuk mengontrol kadar gula darah, bisa langsung menuju ke pafikotasampit.org. Ini adalah organisasi kesehatan yang akan membantu memberikan Anda informasi terkait obat-obatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *