5 Cara Mengobati Batuk Pada Anak Dan Bayi

Diposting pada

Saat anak dan bayi batuk pastinya, para orang tua akan merasa khawatir. Tentunya, untuk pertolongan tercepat akan tertuju pada apotek terdekat. Seluruh tenaga Kesehatan farmasi yang bekerja di apotek akan berada dibawah naungan pafikablumajang.

Pastinya, para tenaga Kesehatan farmasi yang tergabung dalam pafikablumajang akan memberikan Solusi terbaik bagi anak dan bayi yang mengalami gejala batuk. Namun, sebisa mungkin jika anak dan bayi sudah mengalami gejala batuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Apabila Si Kecil masih mampu untuk makan, minum, dan bernapas seperti biasanya tanpa kesulitan, maka Anda tidak perlu merasa khawatir terhadap batuk dan pilek pada bayi dan anak.

Namun, yang perlu Anda perhatikan dan waspadai adalah jika batuk tersebut tidak juga sembuh setelah beberapa waktu dan mulai mengganggu kegiatan sehari-hari serta aktivitas Si Kecil.

Untuk mengurangi keluhan batuk pada anak, para orang tua sering mencoba berbagai metode penanganan. Mereka menggunakan berbagai cara mengobati batuk pada anak. Mulai dari pengobatan rumahan yang alami hingga pemberian obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Kadang-kadang, mereka juga mengkombinasikan kedua pendekatan tersebut untuk mencapai hasil yang lebih efektif. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan saat anak dan bayi mulai mengalami gejala batuk.

5 Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Dan Anak

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Dan Anak
Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Dan Anak

Memang, saat anak dan bayi mengalami gejala batuk para orang tua sering kali bingung untuk memberikan penanganan medis tertentu. Berikut ini merupakan cara mengobati batuk pada anak dan bayi, yaitu sebagai berikut :

1. Memberikan ASI Secara Rutin

Jika Si Kecil berusia kurang dari 6 bulan dan mengalami batuk, Bunda dapat memberikan ASI lebih sering dari biasanya sebagai salah satu cara mengobati batuk pada bayi.

Namun, jika bayi sudah berusia lebih dari 1 tahun, Bunda bisa memberikan lebih banyak air atau jus buah. Memberikan ASI atau air bertujuan untuk menjaga agar anak tetap terhidrasi. Dan menjadikan dahak gampang dikeluarkan oleh si kecil.

2. Menggunakan Balsem

Balsam anak yang mengandung mentol dan minyak kayu putih bisa memberikan rasa hangat dan melegakan pernapasan serta meringankan batuk. Namun, gunakan hanya balsam khusus anak dan oleskan tipis di dada Si Kecil. Balsam juga bisa digunakan saat bayi pilek.

3. Memberikan Makanan Hangat

Orang tua bisa membuat sup ayam sebagai cara mengobati pilek pada bayi dan anak yang sudah mulai MPASI. Kuah hangatnya mengencerkan dahak dan meredakan tenggorokan, serta kandungan nutrisinya membantu melawan bakteri penyebab pilek yang disertai batuk.

4. Menghirup Uap Hangat

Cara mudah mengatasi batuk anak di rumah adalah dengan menghirup uap hangat dari semangkuk air. Letakkan mangkuk di dekat tempat tidur anak agar uapnya terhirup. Uap hangat ini membantu mengencerkan lendir di hidung dan dahak, sehingga batuk berkurang.

5. Memberikan Madu Pada Anak

Madu yang bersifat anti mikroba dan anti peradangan, bisa meredakan sakit tenggorokan dan batuk kering, membantu anak tidur nyenyak. Namun, madu hanya boleh diberikan pada anak di atas 1 tahun untuk menghindari risiko botulisme.

Itulah dia beberapa cara mengobati pilek pada bayi dan anak. Selain itu, cara – cara diatas juga bisa digunakan untuk meredakan gejala batuk yang dialami si buah hati. Pastinya, saat anak dan bayi mengalami batuk dan pilek para orang tua sering kali panik terlebih dahulu.

Dengan cara di atas para orang tua bisa mengurangi gejala batuk dan pilek pada bayi dengan bahan yang ada di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *