5 Tips Praktis Mengobati Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah

Diposting pada

Pernah mengalami jempol kaki bengkak dan bernanah? Kondisi ini bisa terjadi karena infeksi bakteri akibat kondisi tertentu yang memicu cedera. Untuk mengobatinya Anda bisa konsultasi dengan pihak profesional, seperti di pafideiyai.

Pafideiyai sendiri adalah organisasi farmasi Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Deiyai. Adapun, untuk mengetahui tentang tips mengobati jempol kaki bengkak dan bernanah, simak penjelasan ini!

Tips Mengobati Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah

Tips Praktis Mengobati Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah
Tips Praktis Mengobati Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah

Jempol kaki bengkak dan bernanah sering disebut dengan kuku atau kaki cantengan. Rasanya sangat sakit luar biasa dan harus segera diobati agar tidak mengganggu aktivitas. Cara mengobati jempol kaki bengkak dan bernanah adalah:

Kompres Kaki

Cara mengobati kaki cantengan yang pertama gunakan handuk dan kain yang bersih dan gunakan untuk kompres jempol kaki dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin. Kompres kaki selama 15 menit dan ulangi 3 kali dalam sehari.

Rendam Dalam Air Hangat

Selain mengompres kaki dengan air hangat, Anda juga bisa rendam kaki dalam air hangat. Cara ini dapat mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri. Proses perendaman kaki sekitar 20 menit.

Oleskan Salep Antibiotik

Pada area kuku cantengan, Anda bisa mengoleskan salep antibiotik. Namun, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk menentukan salep antibiotik yang tepat.

Rendam Menggunakan Air cuka

Cara mengatasi kuku cantengan selanjutnya bisa merendam kaki dalam air hangat dan dicampurkan cuka sari apel. Cuka apel mempunyai kandungan anti-inflamasi, antiseptik, dan bisa mengurangi rasa sakit.

Jika tidak ada cuka, Anda bisa tambahkan sabun atau obat antiseptik atau tambahkan garam Epsom secukupnya. Lakukan cara ini dengan rutin agar cepat sembuh.

Gunakan Sepatu yang Nyaman

Cantengan pada kuku atau jari jempol bisa diatasi dengan menggunakan sepatu yang nyaman. Gunakan sepatu dengan ukuran kaki yang pas. Menggunakan sepatu bisa melindungi kaki dari bakteri yang berbahaya.

Penyebab Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah

Jempol kaki bengkak dan bernanah bisa terjadi karena beberapa penyebab. Inilah beberapa diantaranya:

  1. Menggunakan sepatu yang terlalu sempit atau ketat.
  2. Jempol kaki tersandung dan menimbulkan luka di kuku jempol kaki.
  3. Keringat yang berlebihan atau hiperhidrosis.
  4. Memotong kuku jempol kaki miring atau terlalu pendek. Hal ini terjadi, karena kuku tumbuh ke dalam kulit dan bisa membuat cantengan.
  5. Mempunyai gangguan kesehatan, seperti aliran darah yang terganggu dan diabetes.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tips mengobati jempol kaki yang bernanah dan bengkak bisa dengan mengompres atau merendam kaki dalam air hangat, mengoleskan antiseptik, rendam menggunakan air cuka, dan gunakan sepatu yang pas.

Bagi Anda yang ingin mengetahui obat jempol kaki bengkak dan bernanah bisa berkonsultasi langsung dengan pafideiyai. Temukan jawaban yang memuaskan atas masalah yang dialami di sini. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *