Tips Hidup Sehat untuk Mengatasi Sakit Perut Kronis

Diposting pada

Dapatkan informasi menarik tentang dunia farmasi di pafikabupatenbondowoso. Sakit perut memang tidak bisa disepelekan, ada beberapa indikasi yang menyertainya. Jika Anda mengalami sakit perut kronis seperti sering kram, maka penting untuk menjalankan pola hidup sehat.

Penyebab Perut Sering Kram

Perut sering kram biasanya disebabkan oleh beberapa faktor penyertanya, antara lain :

1. Gas Terjebak di Saluran Cerna

Penyebab perut kram pertama bisa dikarenakan gas telah terperangkap pada saluran cerna. Saat gas terjebak, lalu tidak bisa keluar maka tekanan bisa meningkat. Dengan demikian, bisa menimbulkan kembung dan juga sakit di perut.

2. Kontraksi Berlebihan Pada Otot

Kontraksi berlebihan pada otot juga bisa menimbulkan kram perut. Kondisi tersebut biasanya dialami saat otot-otot yang ada di dalam perut serta usus terlalu kuat berkontraksi. Hal ini menyebabkan perut jadi tidak nyaman dan terasa sakit.

3. Stress

Alasan kenapa perut tiba tiba kram juga bisa disebabkan oleh faktor stress. Hal ini karena stress bisa berpengaruh pada keseimbangan saluran cerna. Selain itu, bisa mengakibatkan otot perut menjadi tegang.

Saat otot pada perut mulai menegang, bisa menimbulkan kram pada perut. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengendalikan stress dan tingkat kecemasan dengan baik melalui relaksasi.

Dengan mengetahui faktor penyebab di atas, Anda bisa melakukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi kram perut.

Bagaimana Tips Hidup Sehat Untuk Menyembuhkan Kram Perut?

Tips Hidup Sehat untuk Mengatasi Sakit Perut Kronis
Tips Hidup Sehat untuk Mengatasi Sakit Perut Kronis

Untuk membantu Anda menyembuhkan kram perut atau masalah kronis pada perut lainnya, bisa coba cara menyembuhkan kram perut dengan pola hidup sehat di bawah ini :

1. Atur Pola Makan

Dengan pola makan tepat bagi penderita kram perut atau gastritis yaitu melalui penerapan diet lambung, tujuannya agar kelebihan dari asam lambung bisa dinetralisir.
Caranya adalah dengan memakan makanan yang lunak serta gampang dicerna. Selain itu, jauhi makanan tertentu yang dapat merangsang lambung. Misalnya saja makanan pedas, bertekstur keras, asam, dan sebagainya.

2. Membuat Jadwal Makan Teratur

Biasanya jika pola makan berantakan atau tidak teratur bisa membuat perut menjadi kram atau terserang gastritis. Apalagi jika sampai terlambat makan 2-3 jam, membuat produksi asam lambung jadi semakin banyak.

Apabila Anda membiarkannya, bisa menyebabkan timbul rasa nyeri dan mengiritasi mukosa pada lambung. Parahnya, hal ini juga bisa membuat dinding mukosa di lambung jadi teriritasi.

3. Kelola Stress

Ketika mengalami stress, biasanya lambung akan menghasilkan asam lambung 3 kali lebih banyak dibandingkan kondisi normal. Tak hanya itu, saat stress bisa juga menyebabkan menurunnya produksi dari hormon prostaglandin sebagai pelindung mukosa pada lambung.

Oleh sebab itu, salah satu cara meredakan sakit perut adalah dengan mengelola stress.

4. Jangan Minum Minuman Beralkohol

Sebaiknya mulai dari sekarang hindari minum minuman beralkohol karena bisa mengikis dan mengiritasi lapisan serta membuatnya lebih rentan memproduksi cairan pencernaan.

Karena itu, sangat penting untuk memahami langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah nyeri perut kambuh. Pastikan untuk selalu menerapkan pola makan yang baik dan jangan lupa, baca-baca informasi tentang kesehatan di pafikabupatenbondowoso.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *