Tips dan Trik Menghadapi Osteoporosis Sejak Dini

Diposting pada

Tips dan Trik Menghadapi Osteoporosis Sejak Dini – Osteoporosis merupakan penyakit yang kerap disebut banyak menyerang lansia. Padahal, penyakit pengeroposan tulang ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Osteoporosis adalah penurunan kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

Risiko terkena osteoporosis menjadi lebih besar pada lansia dan jika terdapat riwayat osteoporosis di keluarga. Selain itu, beberapa faktor dapat meningkatkan risiko osteoporosis seperti gaya hidup, kadar hormon dan juga penggunaan jenis obat-obatan tertentu.

Kenali Apa Saja Penyebab dan Gejala Osteoporosis

Tips dan Trik Menghadapi Osteoporosis Sejak Dini
Tips dan Trik Menghadapi Osteoporosis Sejak Dini

Tulang dapat mengalami penurunan kemampuan regenerasi biasanya dimulai saat seseorang memasuki usia 35 tahun. Selain riwayat keluarga, osteoporosis disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik juga dapat memperburuk kesehatan tulang.

Pola hidup sehat memang berdampak besar. Kebiasaan merokok, kurang vitamin D, jarang berolahraga hingga mengkonsumsi obat-obatan tertentu dapat menjadi penyebab terjadinya pengeroposan tulang sejak dini. Lalu, apa saja gejala osteoporosis? Berikut beberapa gejalanya:

  • Nyeri punggung akibat patah tulang belakang
  • Tinggi badan berkurang secara bertahap
  • Mudah mengalami patah tulang meski hanya disebabkan benturan ringan
  • Postur tubuh bungkuk
  • Nyeri pada bagian leher

Tips Mencegah Osteoporosis

Untuk mencegah terkena penyakit tulang ini, Anda dapat mencoba menghindari atau mengatasi pemicunya. Berikut beberapa tips mencegah gangguan tulang osteoporosis!.

Rutin Berolahraga

Lakukan olahraga secara rutin setidaknya 2-3 jam setiap pekan untuk orang dewasa. Pilih olahraga dengan intensitas menengah seperti jalan cepat atau bersepeda. Upayakan untuk melakukan peregangan otot bahu, lengan, pinggang, dada, punggung, tungkai dan perut.

Pola Makan Sehat

Pencegahan osteoporosis yang bisa Anda lakukan diantaranya menerapkan pola makan sehat. Konsumsi makanan yang bergizi, kaya akan serat, kalsium dan rendah lemak. Penuhi kebutuhan harian kalsium dengan konsumsi makanan dengan kalsium tinggi.

Latihan Kekuatan Tulang

Tarikan yang dilakukan otot tendon terhadap tulang dapat meningkatkan kekuatan tulang. Anda dapat melakukan beberapa latihan seperti push up atau latihan angkat beban di bawah pengawasan instruktur.

Melatih Lutut dan Kaki

Latihan menggunakan beban berat tidak berlebihan dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Olahraga menyangga beban untuk melatih lutut dan kaki diantaranya berlari, melompat atau aerobik.

Hindari Kebiasaan Buruk

Awal pembentukan tulang sehat diantaranya dengan berhenti minuman beralkohol, tidak merokok dan mengurangi konsumsi minuman bersoda. Alkohol dapat menurunkan kemampuan tubuh menyimpan kalsium sedangkan soda memicu pelepasan kalsium untuk kepadatan tulang.

Penuhi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D dalam tubuh berperan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium serta menjaga kadar fosfor dalam darah. Vitamin D bisa didapat secara alami dengan berjemur di bawah sinar matahari kurang lebih 10-15 menit dengan menggunakan tabir surya.

Lakukan Skrining Secara Rutin

Bone Mineral Density atau tes kepadatan tulang dapat dilakukan untuk mengukur jumlah kalsium dan mineral lain dalam tulang. Tes ini menggunakan teknologi sinar X terutama di area tulang belakang, tulang pergelangan tangan dan tulang panggul.

Itulah penyebab osteoporosis, gejala yang perlu diwaspadai dan tips untuk mencegahnya. Dengan melakukan berbagai kebiasaan yang baik untuk kesehatan, maka tulang akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit ini.

Cari tahu tentang apa saja makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tulang. Anda dapat menambah informasi seputar kesehatan dan farmasi dengan mengunjungi website seperti pafikabbuleleng.org. Yuk, hidup sehat dan cegah osteoporosis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *