Cara Mengobati Kelopak Mata Bengkak dan Gatal

Diposting pada

Pernahkah mengalami kelopak mata bengkak dan gatal? Jika ya, ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Simak pula informasi tentang farmasi lengkap di pafikabmamuju.org!

Penyebab Kelopak Mata Bengkak

Cara Mengobati Kelopak Mata Bengkak dan Gatal
Cara Mengobati Kelopak Mata Bengkak dan Gatal

Walaupun kondisi ini tidak menimbulkan bahaya bagi penderitanya, namun kondisi mata bengkak seringkali membuat penderitanya menjadi kurang nyaman. Tapi, sebenarnya kenapa mata tiba tiba bengkak?

1. Kalazion

Penyebab pertama kelopak mata bisa bengkak adalah karena kalazion. Ini adalah kondisi terjadinya penyumbatan pada bagian kelopak mata.

Meskipun seringnya menyerang kelopak mata bagian atas, ada pula sebagian yang menyerang kelopak mata bagian bawah.

Namun jangan khawatir, untuk kondisi ini biasanya tidak perlu pengobatan khusus. Karena kalazion akan hilang dengan sendirinya.

2. Ada Alergi

Apabila mata bengkak diiringi dengan gejala gatal-gatal pada mata, mata memerah atau yang lainnya, biasanya disebabkan oleh alergi.

Alergi biasanya disebabkan oleh masuknya zat asing atau alergen sehingga membuat mata menimbulkan beberapa gejala di atas.

Adapun zat asing pemicu kondisi ini adalah bisa karena bulu binatang atau serbuk sari.

3. Akibat Infeksi

Mata bengkak dan gatal juga bisa disebabkan oleh infeksi pada mata. Infeksi ini bisa karena kuman, virus atau bakteri.

Cara mengobati kelopak mata bengkak karena infeksi bakteri biasanya memerlukan pengobatan menggunakan antibiotik. Berbeda dengan akibat infeksi virus yang akan sembuh sendirinya.

4. Blefaritis

Kondisi blefaritis biasanya terjadi akibat adanya penyumbatan pada kelenjar minyak di bagian akar bulu mata.

Gejala lain dari blefaritis adalah mata menjadi memerah dan muncul rasa gatal.

5. Xanthelasma

Selaput mata bengkak juga bisa disebabkan oleh kondisi Xanthelasma. Ini merupakan kondisi pembengkakan pada bagian kelopak mata yang juga menimbulkan warna kekuningan pada mata

Cara Mengatasi Mata Bengkak dengan Tepat

Lantas, bagaimana cara mengatasi mata bengkak dengan tepat? Tentu saja Anda harus mengetahui apa penyebabnya lebih dahulu. Namun sebagai penanganan pertama, Anda bisa mencoba kompres mata dengan air hangat atau dingin.

Ini juga sangat efektif sebagai cara menghilangkan mata sembab. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah kompres kelopak mata Anda yang bengkak dengan air dingin atau panas, lalu diamkan selama 15 sampai 20 menit. Bagaimana, mudah bukan?

Akan tetapi, jika kondisi semakin parah atau tidak membaik segera konsultasikan ke dokter spesialis mata. Temukan informasi lengkap lainnya terkait obat-obatan dan farmasi di pafikabmamuju.org!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *