Cara Mengatur Pola Makan Untuk Penderita Diabetes

Diposting pada

Pafikotapangkalanbun.org akan siap memberikan penyuluhan tentang penyakit diabetes. Pasalnya, penyakit diabetes saat ini bisa dialami mulai dari anak – anak, remaja, hingga lanjut usia. Materi penyuluhan yang bisa disampaikan berupa pencegahan hingga pengobatan.

Para penderita diabetes juga bisa berkonsultasi terkait obat yang harus dikonsumsi melalui web Pafikotapangkalanbun.org. Sehingga, diharapkan dengan serangkaian kegiatan tersebut mampu menekan angka pertumbuhan penderita diabetes.

Pengendalian kadar glukosa darah bisa dicapai melalui terapi farmakologis dan nonfarmakologis. Terapi farmakologis melibatkan penggunaan obat-obatan. Sementara, terapi non-farmakologis lebih berfokus pada perubahan gaya hidup, seperti pola makan untuk mengontrol gula darah.

Penelitian telah membuktikan bahwa terapi non-farmakologis, terutama dengan pengaturan pola makan yang tepat, efektif dalam mengendalikan kadar glukosa darah, profil lipid, dan tekanan darah pada penderita diabetes melitus (DM).

Mengatur asupan makanan dengan cermat tidak hanya membantu menjaga kestabilan kadar gula darah tetapi juga berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah. Serta, dapat mengurangi risiko komplikasi lainnya yang sering terjadi pada penderita diabetes.

Oleh karena itu, selain mengonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter, penderita diabetes juga disarankan untuk memperhatikan pola makan mereka. Hal itu bisa menjadi bagian dari upaya menyeluruh dalam pengelolaan penyakit ini.

4 Pola Makan Untuk Mengontrol Gula

Cara Mengatur Pola Makan Untuk Penderita Diabetes
Cara Mengatur Pola Makan Untuk Penderita Diabetes

Salah satu strategi dalam pengaturan pola makan untuk membantu mengendalikan kadar glukosa darah adalah dengan memilih makanan yang sehat dan seimbang. Hal ini bertujuan untuk mengontrol kadar gula darah.

Berikut adalah beberapa prinsip dasar pola makan yang disarankan untuk pasien diabetes melitus (DM), yaitu sebagai berikut :

1. Mengkonsumsi Karbohidrat Kompleks

Salah satu langkah penting dalam mengatur pola makan bagi penderita diabetes melitus adalah memilih sumber karbohidrat kompleks. Contoh karbohidrat kompleks yang baik untuk dikonsumsi termasuk biji-bijian utuh, nasi merah, roti gandum utuh, dan oatmeal.

Karbohidrat kompleks termasuk makanan tinggi serat dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Sehingga, dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah.

Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, penderita diabetes dapat lebih mudah mengendalikan asupan gula harian mereka. Sebab, serat dalam makanan ini membantu menjaga kestabilan gula darah dan mencegah lonjakan gula yang tiba-tiba.

2. Mengurangi Konsumsi Minuman Berkalori Tinggi

Pilihlah air mineral, teh tanpa gula, atau kopi tanpa gula sebagai pilihan minuman. Jadikan air mineral sebagai minuman utama Anda. Batasi konsumsi minuman manis dan beralkohol.

3. Memilih Protein Sehat

Pilihlah sumber protein yang rendah lemak untuk mendukung pola makan sehat. Contoh sumber protein rendah lemak yang baik termasuk ikan, daging tanpa lemak, telur, serta produk berbahan dasar kedelai seperti tahu dan tempe.

Sumber protein ini tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh, tetapi juga mengurangi asupan lemak jenuh yang berbahaya. Sebaliknya, hindarilah produk daging olahan yang cenderung tinggi kandungan lemak jenuhnya, seperti kornet dan sosis.

Namun, lemak sehat untuk diabetes seperti alpukat dan kacang – kacangan perlu dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan gizi dalam tubuh.

4. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Serat

Untuk menjaga pola makan yang sehat, konsumsilah makanan yang tinggi serat. Beberapa contoh makanan tinggi serat yang baik untuk dikonsumsi adalah sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, serta biji-bijian utuh.

Serat yang terdapat dalam makanan-makanan ini memainkan peran penting dalam membantu mengontrol kadar gula darah. Sehingga, sangat bermanfaat bagi penderita diabetes melitus.

Dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat merupakan salah satu tips menghindari karbohidrat sederhana. Pastinya, makanan karbohidrat sederhana memiliki kadar gula tinggi dan membuat cepat lapar.

Demikian, beberapa tips pola makan untuk mengontrol gula darah bagi penderita diabetes. Disamping itu, para penderita diabetes perlu check rutin kadar gula dalam darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *